Minggu, 21 Maret 2010

Proposisi

Proposisi hasil dari mengucapkan suatu kalimat. Dengan kata lain, proposisi merupakan arti dari kalimat itu, dan bukan kalimat itu sendiri. Kalimat yg berbeda dapat mengekspresikan proposisi yang sama, jika artinya sama. Proposisi disebut juga “tempat kebenaran” bukan berarti proposisi itu selalu benar, melainkan karena hubungan yang diakui atau diingkarinya itu dapat diuji dengan kenyataan, dan hasilnya pun dapat benar dan dapat salah.

Unsur-unsur proposisi adalah sebagai berikut:
a. Term subyek : pengakuan atau pengingkaran dimaksudkan.
b. Term predikat : apa yang diakui atau diingkari tentang subyek
c. Kopula : penghubung antara term subyek dan term predikat, juga pengakuan atau pengingkaran pada hubungan itu.

Setiap proposisi selalu mengandung ketiga unsur itu. Itu sebabnya setiap proposisi berupa kalimat, meskipun tidak setiap kalimat adalah proposisi.Dalam logika, sebuah kalimat adalah proposisi jika isi kalimat tersebut sanggup menjadi benar atau salah = kalimat berita (informatif).

Term

Term adalah konsep, ide atau juga pengertian yang bersifat kerohanian dan dapat diungkapkan ke dalam bentuk kata atau istilah atau juga beberapa kata. Term sebagai ungkapan konsep jika terdiri atas satu kata atau satu istilah maka term itu dinamakan term sederhana atau term simpel, dan jika terdiri atas beberapa kata maka term itu dinamakan term komposit atau term kompleks. Term subyek dalam kesimpulan adalah term minor (premis yang mengandung term minor adalah premis minor), sedangkan term predikat dalam kesimpulan adalah term minor (premis yang mengandung term mayor adalah premis mayor). Term yang bukan merupakan term mayor dan bukan term minor adalah term tengah, yang hanya terdapat dalam premis dan tidak muncul dalam kesimpulan.

Data
Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variabel yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra. Dalam bidang ilmiah, fakta dikumpulkan untuk menjadi data. Data kemudian diolah sehingga dapat diutarakan secara jelas dan tepat sehingga dapat dimengerti oleh orang lain. Data menggambarkan sebuah representasi fakta yang tersusun secara terstruktur. Data adalah nilai yang merepresentasikan deskripsi dari suatu objek atau kejadian.

Fakta
Fakta adalah segala sesuatu yang tertangkap oleh indra manusia. Catatan atas pengumpulan fakta disebut data. Fakta seringkali diyakini oleh publik sebagai hal yang sebenarnya, baik karena mereka telah mengalami kenyataan-kenyataan dari dekat maupun karena mereka dianggap telah melaporkan pengalaman orang lain yang sesungguhnya. Dalam istilah bidang ilmiah fakta adalah suatu hasil observasi yang obyektif dan dapat dilakukan verifikasi oleh siapapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar